Thursday, October 1, 2015

Hasil uji tabrak 3 LCGC dari ASEAN NCAP


Daihatsu Ayla dipamerkan pada ajang Indonesia International Motor Show di Jakarta, 20 September 2014.
Daihatsu Ayla dipamerkan pada ajang Indonesia International Motor Show di Jakarta, 20 September 2014.

Penjualan mobil murah dan ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) mendominasi pasar kendaraan roda empat di Indonesia. Viva.co.id melaporkan 53.725 unit mobil LCGC terjual pada periode Januari-April 2015, jauh bila dibandingkan total penjualan jenis city car yang hanya 14.073 unit dalam periode waktu yang sama.

Karena kepopuleran LCGC itu, New Car Assessment Program (Program Pengujian Mobil Baru) untuk negara-negara Asia Tenggara (ASEAN NCAP) pekan lalu mengadakan uji tabrak tiga jenama LCGC yang dijual di Indonesia untuk mengabarkan kepada publik tingkat keamanan kendaraan tersebut.

Mobil yang diuji ASEAN NCAP adalah LCGC hatchback Datsun GO, Daihatsu Ayla, dan Toyota Agya.

"Karena kabinnya yang kecil, sangat penting untuk menjamin struktur hatchback itu kuat dan mampu melindungi penumpangnya saat terjadi kecelakaan," kata Sekretaris Jenderal ASEAN NCAP Khairil Anwar Abu Kassim di laman resmi lembaga tersebut.

Khairil menambahkan bahwa ASEAN NCAP bertanggung jawab untuk memberi informasi kepada penumpang mengenai seberapa aman kendaraan yang mereka pilih.

Mereka juga menguji beberapa fitur, baik yang aktif maupun pasif, untuk menjaga keselamatan penumpang seperti kantong udara (airbag) dan Electronic Stability Control (ESC).

Inilah hasil pengujian ASEAN NCAP:

Datsun GO



Datsun GO
Datsun GO

Mobil yang diperkenalkan pada 2014 ini hanya memiliki satu kantung udara dan mendapatkan 6,82 poin dalam hal Perlindungan Penumpang Dewasa (Adult Occupant Protection/AOP). Nilai tersebut membuat mobil ini mendapatkan 2-bintang. Dalam hal Perlindungan Penumpang Anak (Child Occupant Portection/COP) Datsun Go juga mendapatkan 2-bintang.


Daihatsu Ayla



Daihatsu Ayla.
Daihatsu Ayla.

Ada dua varian Ayla yang diuji oleh ASEAN NCAP, yaitu versi tanpa kantong udara dan versi termahal yang dilengkapi kantong udara.

Ayla tanpa kantong udara mendapatkan 1-bintang untuk AOP setelah hanya mendapatkan 5,56 poin, sementara COP-nya diberi 2-bintang.

Sementara Ayla yang dilengkapi dua kantong udara di depan mendapat rating AOP 4-bintang dengan nilai 12,84 poin. COP mobil ini mendapatkan 3-bintang, lebih baik ketimbang versi tanpa kantong udara.

Toyota Agya



Toyota Agya
Toyota Agya

Mobil murah buatan pabrik Jepang ini juga menerima 4-bintang untuk AOP dengan skor yang sama dengan Daihatsu Ayla (12,84 poin). Akan tetapi COP Agya adalah yang terbaik di antara model LCGC hatchback lainnya karena mendapatkan 4-bintang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Hasil uji tabrak 3 LCGC dari ASEAN NCAP

0 comments:

Post a Comment